SELAMAT DATANG

SEMOGA BERMANFAAT

Minggu, 03 Oktober 2010

upi2

Pengertian Cybercrime

Dalam beberapa literatur, cybercrime sering diidentikkan sebagai computer crime. TheU.S. Department of Justice memberikan pengertian computer crime sebagai:"…any illegal act requiring knowledge of computer technology for its perpetration, investigation, or prosecution". Pengertian lainnya diberikan oleh Organization of European Community Development, yaitu: "any illegal, unethical or unauthorized behavior relating to the automatic processing and/or the transmission of data". Andi Hamzah dalam bukunya Aspek-aspek Pidana di Bidang Komputer (1989) mengartikan: "kejahatan di bidang komputer secara umum dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara ilegal".
Dari beberapa pengertian di atas, computer crime dirumuskan sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan memakai komputer sebagai sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Secara ringkas computer crime didefinisikan sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer yang canggih.

Pengertian Hacker dan Cracker

1. Hacker
Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka.

2. Cracker
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

BSA ?

Business Software Alliance (BSA) adalah sebuah organisasi internasional yang mewakili pembuat piranti lunak yang unggul dan pembangun e-commerce di lebih dari 80 negara di seluruh dunia, termasuk  Adobe, Apple, Autodesk, Avid, Bentley Systems, Borland, Cadence Design Systems, Cisco Systems, CNC Software/Mastercam, Dell, Entrust, HP, IBM, Intel, Internet Security Systems, McAfee, Microsoft, PTC, RSA Security, SAP, SolidWorks, Sybase, Symantec, Synopsys, The MathWorks dan UGS.

Misi kelompok ini adalah untuk mempromosikan sebuah legislatif jangka panjang dan lindkungan legal dimana industri bisnis piranti lunak dapat makmur. Membantu perkembangan inovasi program, pertumbuhan dan pasar yang kompetitif untuk piranti lunak komersil dan teknologi yang berhubungan. BSA menyediakan sebuah suara yang sama dari anggota-anggotanya sebelum pemerintahan dan dalam pasar internasional. Aliansi mencapai tujuannya melalui pendidikan global tentang manajemen piranti lunak dan proteksi hak cipta, cyber-security, penjualan, piranti lunak komersil dan e-commerce.
Berdiri tahun  1988, BSA berkantor di United States, Eropa dan Asia dan mengoperasikan hotline di sekitar 65 negara untuk penelpon yang mencari informasi tentang pembajakan atau untuk yang ingin melaporkan insiden yang dicurigai sebagai pembajakan piranti lunak

Pengertian Cyber Ethics

Etika dalam berinternet biasa disebut dengan cyber ethic (etika cyber).

Cyber ethics adalah suatu aturan tak tertulis yang dikenal di dunia IT. Suatu nilai-nilai yang disepakati bersama untuk dipatuhi dalam interaksi antar pengguna teknologi khususnya teknologi informasi. Tidak adanya batas yang jelas secara fisik serta luasnya penggunaan IT di berbagai bidang membuat setiap orang yang menggunakan teknologi informasi diharapkan mau mematuhi cyber ethics yang ada. Cyber ethics memunculkan peluang baru dalam bidang pendidikan, bisnis, layanan pemerintahan dengan adanya kehadiran internet. Sehingga memunculkan netiket/nettiquette yaitu salah satu etika acuan dalam berkomunikasi menggunakan internet,berpedoman pada IETF (the internet engineering task force), yang menetapkan RFC (netiquette guidelies dalam request for comments)

Pengertian Spam, Trojan, Virus, Malware

SPAM
Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam email, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

TROJAN
Trojan adalah software atau program yang masuk ke dalam system dan melakukan tindakan tindakan jahat. Trojan cenderung tidak menginfeksi atau merusak data atau system seperti yang di lakukan virus, tetapi memodifikasi file system.

VIRUS
Virus adalah program kecil yang dapat menempelkan dirinya ke dalam program lain. Saat program lain itu dijalankan, virus juga ikut berjalan, dan dapat menyalin dan menempelkan dirinya ke lebih banyak program. Dengan cara ini, mereka menyebar seperti virus biologis dan dapat memakan cukup banyak memory untuk mematikan komputer.

MALWARE
Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menyusup atau rusak suatu sistem komputer tanpa terlebih dahulu memberitahukan atau minta ijin pemilik nya. Malware terdiri dari 2 suku kata yaitu mailicious dan softwere. Mailicious adalah intensi untuk melukai seseorang dan software adalah perangkat lunak. Mailicious software adalah software yang ditujukan untuk merusak suatu system.atau lebih familiar dengan sebutan “virus computer.”
Suatu saat kita pernah mendengar tentang sepak terjang virus, virus computer jangan dianalogikan seperti layaknya kuman atau bakteri yang hidup, namun virus adalah suatu kode tertentu yang dibuat dengan suatu metode bahasa pemrograman. kode program ini biasa disebut Kode Jahat/Perusak (Malicious Codes).
Kode jahat/perusak (malicious codes atau disingkat malcodes) didefinisikan sebagai semua macam program, makro atau script yang dapat diesekusi dan dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer. Oleh karena itu bug yang dibuat secara tidak sengaja oleh programer, tidak termasuk dalam kategori ini. Tetapi untuk bug yang benar-benar mengganggu, banyak orang mengkategorikannya sebagai malcode. Malcodes ini memang dibuat untuk menjangkiti atau menulari suatu computer dengan mempelajari suatu metode di system computer, tujuannya untuk menggangu system tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar