SELAMAT DATANG

SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 01 April 2011

Data Warehouse


Data warehouse adalah database yang digunakan untuk pelaporan. Data yang diturunkan dari sistem operasional untuk pelaporan. Data mungkin melalui Operasional Data Store (ODS) untuk operasi tambahan sebelum digunakan di data warehouse untuk pelaporan.
  • Tujuan Menggunakan Data Warehouse
1.      Menyediakan data organisasi yang mudah diakses oleh manager.
2.      Data yang berada di datawarehouse bersifat konsisten, dan merupakan kebenaran.
3.      Datawarehouse merupakan tempat, dimana data yang telah digunakan di publikasikan.
4.      Kualitas data di datawarehouse dapat diandalkan

Ø  Komponen Utama Data Warehouse
Tiga komponen utama Data Warehouse yaitu :
1. Data staging area
Dalam tahap ini, data diolah dari sumbernya untuk siap menjawab query. Prosesnya terdiri dari extract,transform,load (ETL).
2. Data presentation area
Dalam tahap ini, data diorganisasikan, disimpan dan dapat menjamin ketersediaannya akan segala kebutuhan query. Selain itu disini dilakukan juga penulisan laporan dan kebutuhan aplikasi untuk analisis selanjutnya.
3. Data access tools
Penyediaan interface untuk penggunaan aplikasi untuk query data
Ø  Keuntungan dan Kerugian Data Warehouse
Keuntungan menggunakan data warehouse
  1. Data warehouse menyediakan model data yang umum untuk semua data tidak tergantung sumber datanya. Hal ini mempermudah pembuatan laporan dan analisis informasi dibandingkan jika diperlukan banyak model data untuk menerima informasi seperti faktur penjualan, kuitansi pemesanan, tagihan-tagihan lainnya.
  2. Saat meload data ke dalam datawarehouse, ketidakkonsistenan akan teridentifikasi dan diperbaiki. Hal ini akan mendukung juga dalam proses pembuatan laporan dan analisis.
  3. Informasi yang disimpan dalam data warehouse dibawah kontrol dari pengguna data warehouse, sehingga sekalipun sumber data dibersihkan pada suatu waktu, informasi itu akan tetap tersimpan dengan aman di data warehouse.
  4. Karena data warehouse terpisah dari sistem operasional, maka data warehouse dapat menerima data tanpa memperlambat kerja kerja sistem operasional
  5. Data warehouse menyediakan fasilitas yang mendukung pengambilan keputusan seperti laporan berdasarkan tren (misalnya : barang yang paling banyak terjual di suatu area dalam 2 tahun terakhir), laporan perkecualian, dan laporan yang menampilkan pencapaian di lapangan yang sesungguhnya dibandingan dengan gol yang telah ditetapkan.
Kerugian menggunakan data warehouse
  1. Data warehouse bukan merupakan lingkungan yang optimal untuk data yang tidak terstruktur
  2. Data perlu untuk diekstrak, diubah, dan diload ke data warehouse, sehinggan terdapat delay (tenggat waktu) di mana data yang dimasukkan ke dalam data warehouse belum terdeteksi.
  3. Semakin lama masa hidupnya, maka data warehouse dapat menyebabkan biaya yang besar. Data warehouse umumnya tidak statis. Biaya perawatannya cukup tinggi.
  4. Data warehouse dapat menjadi ketinggalan dari data terbaru relatif cepat. Maka, akan ada resiko bahwa data yang akan dianalisis di data warehouse merupakan data yang tidak optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar