SELAMAT DATANG

SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 01 April 2011

MK PSIKOLOGI KOMUNIKASI


·        KONSEP PSIKOLOGI
Menurut asal katanya psikologi berasal dari dua kata Yunani yaitu psyche yang berarti jiwa, dan logos yang berarti ilmu jiwa. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa. Namun dalam perkembangannya psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, baik mengenai gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.
·        KONSEP KOMUNUIKASI
Komunikasi adalah suatu transaksi atau proses simbolik yang menghendaki orang mengendalikan lingkungannya dengan;
(1) membangun hubungan antar sesama manusia.
(2) melalui pertukaran informasi.
(3) untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain.
(4) serta berusaha mengubah sikap dan tingkah laku
Dari definisi tersebut dapat diperoleh hakekat dari komunikasi sebagai :
Proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan akibat atau efek. Penyampaian pesan tersebut tidak terbatas hanya menggunakan bahasa verball saja tetapi juga ekspresi muka, seni dan teknologi.
·        KONSEP PSIKOLOGI KOMUNIKASI
Dilihat dari sejarah perkembangannya, komunikasi memang dibesarkan oleh para peneliti psikologi. Walaupun demikian komunikasi bukan subdisiplin dari pesikologi. Sebagai ilmu, komunikasi menembus banyak disiplin ilmu. Sebagai gejala perilaku, komunikasi dipelajari bermacam-macam disiplin ilmu, antara lain sosiologi dan psikologi.
Psikologi dan komunikasi tidak terlepas hubungannya. Dalam psikologi, stimuli mempunyai makna yang luas, meliputi segala penyampaian energi, gelombang suara, tanda di antara tempat, sistem organisme. Kata komunikasi dipergunakan sebagai proses, pesan, pengaruh, atau secara khusus sebagai pesan penyampaian energi dari alat–alat indera ke otak, pada peristiwa penerimaan dan pengolahan informasi, pada proses saling pengaruh di antara berbagai system, yang disebut dengan organisme. Tetapi psikologi tidak hanya mengulas komunikasi diantara neuron. Psikologi mencoba menganalisis seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi. Pada diri komunikan serta fakor–fakor internal maupun eksternal yang mempengaruhi perilaku komunikasinya.
·        AKAR ILMU DARI PSIKOLOGI KOMUNIKASI
Sesungguhnya psikologi adalah  akar dari ilmu komunikasi, sosiologi, antropologi, dan filsafat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar