SELAMAT DATANG

SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 25 November 2011

UTS EVALUASI PEMBELAJARAN

Soal-Soal :
  1. Evaluasi merupakan proses yang sangat penting dalam pembelajaran. Menurut Anda apa hakikat,  tujuan,dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran ? 
  2. Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, seorang evaluator harus memperhatikan prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran. Coba Anda jelaskan apa saja yang termasuk ke dalam prinsin-prinsip evaluasi pembelajaran ! 
  3. Terdapat empat istilah yang sering muncul, yaitu, tes, pengukuran, penilain dan evaluasi. Tugas Anda adalah menjelaskan apa perbedaan dari keempat istilah tersebut, berikan contoh atau ilustrasi yang dapat memperjelas kaitannya dengan mata pelajaran TIK! 
  4. Jelaskan apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menghasilkan alat ukur yang baik !
  5. Dalam melakukan penilaian dikenal dengan dua pendekatan yaitu Penilaian Acuan Patolan (PAP) dan Penilaian Acuan Norma (PAN). Tugas Anda adalah menjelaskan kedua pendekatan tersebut dan berikan contoh yang ada hubungannya dengan mata pelajaran TIK ! 
  6. Dalam melakukan pengukuran dapat menggunakan tes. Diantara jenis tes terdapat bentuk pilihan ganda, essay, isian singkat, benar salah dan menjodohkan. Tugas Anda adalah, jelaskan karakteristik masing-masing bentuk tes tersebut, apa kelebihan dan kekurangannya ?
  7. 7.  Buatlah soal berbentuk pilihan ganda, essay, isian singkat, benar salah dan menjodohkan (masing-masing 5 soal) ! Soal yang dibuat berkaitan dengan mata pelajaran TIK baik di SMP maupun SMA ! lampirkan juga kunci jawabannya.
JAWABAN
NO 1
Hakikat evaluasi pembelajaran
Pada dasarnya evalusai secara umum dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu berdasarkan kiriteria tertentu.
Tujuan evaluasi pembelajaran
Untuk mengetahui keefektifan dan efisisensi sistem pembelajaran, baik yang menyangkut tentang tujuan, materi, metode, media, sumber, belajar, lingkungan maupun sistem penilaian itu sendiri.
Fungsi Evaluasi Pembelajaran
  • Secara psikologis, peserta didik selalu butuh untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
  • Secara sosiologis, evaluasi berfungsi untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat.
  • Secara didaktis-metodis, evaluasi berfungsi untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya masing-masing serta membantu guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya.
  • Berfungsi untuk mengetahui kedudukan pesrta didik dalam kelompok, apakah dia termasuk anak yang pandai, sedang, atau kurang pandai.
  • Berfungsi untuk mengetahui taraf kesiapan peserta didik dalam menempuh perogram pendidikannya.
  • Berfungsi untuk membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi, baik dalam rangka menentukan jenis pendidikan, jurusan, maupun kenaikan kelas.
  • Seacara administratif, evaluasi berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua, pejabat pemerintah yang berwenang, kepala sekolah, guru, dan peserta didik itu sendiri.
NO 2
Prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran
  • Kontinuitas : Evaluasi tidak boleh dilakukan secara insidental karena pembelajaran itu sendiri adalah suatu proses yang kontinu. Proses belajar peserta didik tidak dapat dilihat dari dimensi produk saja, tetapi juga dimensi proses bahkan dari dimensi input.
  • Komprehansif : Dalam melakukan eveluasi terhadap suatu objek, guru harus mengambil seluruh objek itu sebagai bahan evaluasi. Jika objek evaluasi itu adalah peserta didik, maka seluruh aspek kepribadian pesrta didik itu harus di evaluasi, baik yang menyangkut kognitif, afektif maupun psikomotorik.
  • Adil dan Objektif : Dalam melakukan eveluasi, guru harus berlaku adil tanpa pilih kasih. Guru juga hendaknya bertindak secara objektif, apa adanya sesuai dengan kemampuan peserta didik dan di dasarkan atas kenyataan (data dan fakta) yang sebenarnya, bukan hasil manipulasi atau rekayasa.
  • Kooperatif : Dalam melakukan eveluasi, guru hendaknya bekerja sama dengan semua pihak, seperti orang tua peserta didik, sesama guru, kepala sekolah dan peserta didik itu sendiri.
  • Praktis : Dalam menyusun alat eveluasi hendaknya mudah di gunakan, untuk itu harus diperhatikan bahasa dan petunjuk mengerjakan soal.
 NO 3
Perbedaan tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi serta contoh ilustrasinya yang berkaitan dengan mata pelajaran TIK !
  • Tes merupakan suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu. Fungsi tes yaitu sebagai alat ukur dalam tes prestasi belajar. Aspek perilaku yang hendak diukur adalah tingkat kemampuan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran yang telah disampaikan.
  • Pengukuran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu. Kata “sesuatu “ bisa berarti peserta didik, guru, gedung sekolah, meja, kursi,dll. Alat ukur tersebut harus standar, yaitu memiliki derajat validitas dan reliabilitas yang tinggi.
  • Penilaian adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Keputusan yang dimaksud adalah keputusan tentang peserta didik, seperti nilai yang akan diberikan atau juga keputusan tentang  kenaikan kelas dan kelulusan.
  • Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai & arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan.
Contoh evaluasi mata pelajaran TIK !
Pengajar membuat evaluasi pembelajaran berupa alat ukur yang mengacu pada kriteria mata pelajarn TIK yaitu sebuah soal ujian akhir semester (tertulis dan praktik) yang bertujuan untuk engetahui tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajarannya selama 1 semester. Apakah hasil akhirnya sesuai dengan standar kelulusan atau tidak, jika tidak maka pengajar harus melakukan remedial dan pengayaan.
NO 4
Syarat-syarat alat ukur yang baik (berbentuk soal tes)
Pengembangan indikator soal :
  • Memperhatikan UKRK (urgensi,Kontinuitas,Relevansi,keterpakaian)
  • Indikator soal bentuk pilihan ganda menggunakan satu kata kerja operasional yang terukur;
  • Indikator yang dikembangkan untuk soal bentuk uraian dan atau soal praktik dapat menggunakan lebih dari satu kata kerja operasional yang terukur;
  • Indikator yang digunakan dalam penilaian, sebaiknya menggunakan stimulus (dasar pertanyaan) berupa gambar, grafik, tabel, data hasil percobaan, atau kasus yang dapat merangsang/memotivasi peserta didik berpikir sebelum menentukan pilihan jawaban.
  • Rumusan indikator soal yang lengkap mencakup 4  komponen,  yaitu  A = audience,  B = behaviour,   C = condition, dan D = degree
NO 5
Penilaian Acuan Norma (PAN) dan Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan membandingkan hasil belajar seorang siswa dengan siswa lainnya dalam suatu kelas. Misalkan dalam suatu kelas ada sekelompok pelajar pandai sekali, maka dengan pendekatan PAN selalu saja ada siswa yang mendapatkan nilai rendah walaupun kemampuan mereka cukup memuaskan. Apabila tingkat kemampuan sekelompok pelajar secara keseluruhan rendah maka dengan pendekatan PAN , siswa dengan kemampuan rendah dapat saja memproleh nilai yang memuaskan atau lulus bila ia berada diatas rata – rata.
Penilaian Acuan Patokan (PAP) ini dapat dipakai untuk kelompok pelajar yang berbeda – beda yang mendapat pengalaman belajar yang sama. Dengan PAP , nilai yang diperoleh dari waktu kewaktu dalam kelompok yang sama atau kelompok yang berbeda ,mempunyai arti yang sama. penetapan batas lulus merupakan hal yang pokok dalam PAP.Sebelum pelajaran dimulai ,pelajar harus telah menentukan batas kompetensi minimum dan maksimum yang harus tercapai. Dan nilai akhir ditentukan berdasarkan seberapa jauh pelajar menguasai kompetensi minimum itu.
Contoh
Penilaian Acuan Norma
Kelas  XI.IPA.1 mendapatkan nilai rata2 UTS mata pelajaran TIK yaitu 7,00
Maka penilaiannya sebagai berikut :
  •  Jika nilainya di atas 7,00 maka siswa mendapatkan nilai A
  • Jika nilainya 7,00 maka siswa mendapatkan nilai B
  • Jika nilainya di bawah 7,00 maka siswa mendapatkan nilai C
  • Jika nilainya dibawah 5,00 maka siswa mendapatkan nilai D
Pedoman penilaian seperti diatas ditetapkan institusi pendidikan bersangkutan ,atau oleh pengajarnya.
Penilaian Acuan Patokan
Standar penilaian ditentukan oleh dinas, dan berlaku secara nasional. Seperti standar kelulusan Ujian Akhir Nasional. Pihak sekolah maupun guru hanya mengikuti aturan yang berlaku. Contoh : Dinas menetapkan standar nilai kelulusan SMA mata pelajaran TIK yaitu 06,00 maka penilaiannya sebagai berikut :
  •  Jika siswa mendapatkan nilai 06,00 atau lebih dari itu maka siswa LULUS
  • Jika siswa mendapatkan nilai kurang dari 06,00 maka siswa tidak LULUS
NO 6
Karakteristik dari soal ganda, essay, isian singkat, benar salah, menjodohkan dan melengkapi.
·         Kaidah Penulisan Soal PG
  1. Soal harus sesuai dengan indikator
  2. Pengecoh harus berfungsi
  3. Setiap soal harus mempunyai satu  jawaban yang benar
  4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
  5. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
  6. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
  7. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
  8. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
  9. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah/benar”.
  10. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.
  11. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.
  12. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
  13. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
  14. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
  15. Bahasa yang digunakan harus komunikatif, sehingga pernyataannya mudah dimengerti warga belajar/siswa.
  16. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.
  17. Pilihan jawaban jangan mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu  kesatuan pengertian. Letakkan kata/frase pada pokok soal.
·         Kaidah Penulisan Soal Uraian
  1. Soal sesuai dengan indikator
  2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai
  3. Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
  4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
  5. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
  6. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
  7. Tidak menyinggung perasaan siswa
  8. Ada pedoman penskorannya
  9. Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
  10. Rumusan kalimat soal komunikatif
  11. Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku
  12. Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian
  13. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu
·         Kaidah Penulisan Soal Isian Singkat
  1. Memerlukan jawaban dengan kalimat dan atau angka-angka yang hanya dapat dinilai benar atau salah.
  2. Jawaban dapat berupa kata, frase, nama, tempat, tokoh. Lambang, dan lain-lain.  
·         Kaidah Penulisan Soal Benar Salah
  1. Mengandung dua kemungkinan jawaban.
  2. Benar-salah
  3. Jumlah item pertanyaan lebih banyak.
  4. Jumlah item benar-salah sama.
  5. Ada petunjuk pengerjaan soal
  6. Menggunakan kalimat sederhana.
  7. Hindari pertanyaan terlalu umum, kompleks dan negatif.
  8. Hindari penggunaan kata yang memberi petunjuk jawaban.
·         Kaidah Penulisan Soal Menjodohkan
  1. Kumpulan soal dan kumpulan jawaban dikumpulkan pada dua kolom berbeda.
  2. Kolom sebelah kiri merupakan kumpulan soal.
  3. Kolom sebelah kanan merupakan kumpulan jawaban.
·         Kaidah Penulisan Soal Melengkapi
  1. Memerlukan jawaban dengan kalimat dan atau angka-angka yang hanya dapat dinilai benar atau salah.
  2. Jawaban dapat berupa kata, frase, nama, tempat, tokoh. Lambang, dan lain-lain.  
kelebihan dan kekurangan dari soal ganda, essay, isian singkat, benar salah dan menjodohkan

Kelebihan Soal Pilihan Ganda (PG)
  • Hasil belajar yang sedrhana sampai yang komplek dapat diukur.
  • Terstruktur dan petunjuknya jelas.
  • Alternatif jawaban yang salah dapat memberikan informasi diagnostik.
  • Tidak dimungkinkan untuk menerka jawaban.
  • Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.
Kelemahan Soal Pilihan Ganda (PG)
  • Menyusunnya membutuhkan waktu yang lama.
  • Sulit menemukan pengacau.
  • Kurang efektif mengukur beberapa tipe pemecahan masalah, kamampuan uuntuk mengorganisir dan mengekpresikan ide.
  • Nilai dapat dipengaruhi dengan kemampuan baca.
Kelebihan Soal Uraian
  • Sangat mudah dalam penyusunannya.
  • Lebih menghemat tempat (menghemat kertas).
  • Murid tidak dapat mengorganisasikan jawaban dengan pendapat sendiri.
  • Murid tidak dapat menerka-nerka jawaban soal.
  • Soal ini sangat cocok untuk mengukur dan mengevaluasi hasil suatu proses belajar yang kompleks yang sukar diukur dengan mempergunakan tes objektif.
  • Jawaban diungkapkan dalam kata-kata dan kalimat sendiri, sehingga tes ini dapat digunakan untuk melatih  penyusunan kalimat dengan bahasa yang baik, benar, dan cepat.
Kelemahan Soal Uraian
  • Sukar dinilai secara tepat.
  • Bahan yang diukur terlalu sedikit, sehingga agak sulit untuk mengukur penguuasaan siswa terhadap keseluruhan kurikulum.
  • Sulit mendapatkan soal yang memiliki standar nasional maupun internasional.
  • Membutuhkan waktu untuk memeriksa hasilnya.
Kelebihan Soal Isian Singkat
  • Mudah dalam pembuatan.
  • Kemungkinan menebak jawaban sangat sulit.
  • Cocok untuk soal-soal hitungan.
  • Hasil pengetahuan dapat diukur secara luas.
Kelemahan Soal Isian Singkat
  • Sulit menyusun kata-kata yang jawabannya hanya satu.
  • Tidak cocok untuk mengukur hasil-hasil belajar yang kompleks.
Kelebihan Soal Benar-Salah
  • Soal ini baik untuk hasil- hasil, dimana hanya ada 2 alternative jawaban.
  • Tuntutan kurang ditekankan pada kemampuan baca.
  • Sejumlah soal relative dapat dijawab dan dapat dipercaya.
Kelemahan Soal Benar-Salah
  • Sulit menuliskan soal diluar tingkat pengetahuan yang bebas dari maksud ganda.
  • Jawaban soal tidak memberikan bukti bahwa siswa mengetahui dengan baik.
  • Tidak ada informasi diagnostik dari jawaban yang salah
  • Memungkinkan dan mendorong siswa untuk menerka-nerka.
Kelebihan Soal Menjodohkan
  • Suatu bentuk yang efesien diberikan dimana sekelompok respon sama menyesuaikan dengan rangkaian isi soal.
  • Waktu membaca dan merespon ralatif singkat.
  • Mudah untuk dibuat.
  • Penilaian mudah, objektif dan dapat dipercaya.
Kelemahan Soal Menjodohkan
  • Materi soal dibatasi oleh faktor ingatan/pengetahuan yang sederhana dan kurang dapat dipakai untuk mengukur penugasan yang bersifat pengertian dan kemampuan membuat tafsiran.
  • Sulit menyusun soal yang mengandung sejumlah respon yang homogen.
  • Mudah terpengaruh dengan petunjuk yang tidak relevan.

NO 7                                                                 
Contoh soal berbentuk pilihan ganda, essay, isian singkat, benar salah, menjodohkan dan melengkapi

LEMBARAN SOAL


Mata Pelajaran             : TIK
Sat. Pendidikan             : SMA
Kelas / Jurusan             : X.I  IPA / IPS ( SEBELAS )
Semester                       : 1 ( Ganjil )

PETUNJUK UMUM
1.      Tulis nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan
2.      Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda bekerja
3.      Kerjakanlah soal anda pada lembar jawaban
4.      Gunakan waktu dengan efektif dan efisien
5.      Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada Pengawas

 

Berilah tanda ceklis (√) pada jawaban yang benar !
  1. Microsoft Excel merupakan softwere terintegrasi dari keluarga besar Microsoft Office .... ( B / S )
  2. Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang berfungsi untuk Pengolah kata .... ( B / S )
  3. Lembar kerja Microsoft Excel disebut Sheet .... ( B / S )
  4. Arti A2 pada Microsoft Excel adalah kolom A baris 2 .... ( B / S )
  5. Sub menu yang tidak termasuk dalam menu format pada MS excel adalah Cells .... ( B / S )
Pasangkanlah  pernyataan & pilihan jawaban  dengan benar !
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
  1. Perintah untuk menyisipkan sel, baris dan kolom pada lembar kerja terdapat di menu . . . .
  2. Langkah-langkah untuk menambah lembar kerja baru . . . .
  3. Untuk melihat hasil tampilan dokumen sebelum dicetak menggunkan toolbar . . . .
  4. Menggabungkan dua kolom atau lebih menjadi satu kolom menggunkan perintah . . . .
  5. Apakah fungsi dari Maximize pada Microsoft Excel . . . .
  1. Print Preview
  2. Insert, Worksheet
  3. Marge Cells
  4. Memperbesar tampilan jendela layar
  5. Insert

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
  1. Software untuk browsing internet yang di buat oleh Microsoft Corporation adalah . . . .
  2. Menu yang berisi ikon-ikon standard yang sering kita gunakan pada saat kita berhubungan dengan internet adalah . . . .
  3. Agar dapat berkomunikasi dengan internet secara benar maka jaringan internet terhubung melalui perantara yang disebut . . . .
  4. Jika digunakan Kabel UTP, jenis konektornya adalah . . . .
  5. Aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum adalah. . . .
Uraikanlah jawaban dari pertanyaan di bawah ini dengan benar !
  1. Uraikan pengertian jaringan computer menurut anda, serta sebutkan keuntungan menggunakan jaringan !
  2. Sebutkan perangkat keras yang diperlukan untuk akses internet !
  3. Berikut ini adalah beberapa istilah yang terdapat dalam internet : a.       Browser b.      Chatting c.       Download. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah-sitilah tersebut !
  4. Tuliskan cara (langkah-langkah) membuat alamat e-mail !
  5. Sebutkan beberapa keuntungan, jika kita mengirim surat lewat e-mail dibandingkan dengan lewat pos !
Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang dianggap paling benar !
1. Apakah fungsi dari Maximize pada Microsoft Excel
a.       membuat warna pada huruf
b.      memperbesar tampilan jendela layar
c.       membuat garis batas atar paragraph
d.      menutup paragraph
e.       Mengakiri program

Untuk soal no 2-5 perhatikan tabel dan petunjuknya dibawah
Petunjuk pengisian !
·         Harga Bayar = Jumlah Beli * Harga Satuan
·         Pajak
Jika harga bayar lebih besar dari 5 juta maka pajak = 15 % dari harga bayar
Jika harga bayar lebih besar dari 3 juta maka pajak = 10 % dari harga bayar
Selain itu maka pajak = 5 % dari harga bayar
·         Discount
Diberikan discount 10 % dari harga bayar, bila jumlah beli lebih besar dari 40
Diberikan discount 5 % dari harga bayar, bila jumlah beli lebih besar dari 20
Selain itu tidak mendapat discount
·         Bonus
Bila ingin mendapatkan bonus komputer maka harga bayar lebih besar dari 5 juta atau jumlah beli lebih besar dari 40
Bila ingin mendapatkan bonus meja kerja maka harga bayar lebih besar dari 3 juta atau jumlah beli lebih besar dari 30
Selain itu tidak mendapat bonus 
2. Fungsi Logika yang digunakan untuk mencari pajak adalah....
a.       IF dan OR
b.      IF dan AND
c.       IF dan END
d.      IF
e.       OR
3. Formula yang harus diisikan untuk diskon adalah . . . .
a.       =IF(C5>50;"10%";IF(C5:C520;"5%";IF(C5<20;"0%")))*E5
b.      =IF(C5>50;"10%";IF(C5:C520;"5%";IF(C5<50;"0%")))*E5
c.      =IF(C5>50;"20%";IF(C5:C520;"5%";IF(C5<20;"0%")))*E5
d.      =IF(C5>10;"10%";IF(C5:C520;"5%";IF(C5<10;"0%")))*E5
e.       =IF(C5>40;"10%";IF(C5:C520;"5%";IF(C5<20;"0%")))*E5
4. Formula yang harus diisikan untuk bonus adalah. . . .
a.=IF(OR(E5>5000000;B5>40);"MEJA KERJA";IF(OR(E5>3000000;B5>30);"KOMPUTER";"-"))
b.=IF(OR(E5>5000000;B5>40);"KOMPUTER";IF(OR(E5>3000000;B5>30);"MEJA KERJA";"-"))
c. =IF(E5>5000000;B5>40);"MEJA KERJA";IF(E5>3000000;B5>30);"KOMPUTER";"-")
d.=IF(OR(E5>3000000;B5>40);"MEJA KERJA";IF(OR(E5>5000000;B5>30);"KOMPUTER";"-"))
e.=IF(OR(E5>5000000;B5>40);"MEJA KERJA";OR(E5>3000000;B5>30);"KOMPUTER";"-")
5. Formula yang harus diisikan untuk pajak adalah. . . .
a.       =IF(E6>5000000;"15%";IF(E5>3000000;"10%";IF(E5<3000000;"5%")))*E6
b.      =IF(E7>5000000;"15%";IF(E5>3000000;"10%";IF(E5<3000000;"5%")))*E7
c.       =IF(E5>3000000;"15%";IF(E5>3000000;"10%";IF(E5<3000000;"5%")))*E5
d.      =IF(E5>5000000;"15%";IF(E5>3000000;"10%";IF(E5<3000000;"5%")))*E5
e.       =IF(E5>5000000;"15%";IF(E5>3000000;"10%";IF(E5<5000000;"5%")))*E5

KUNCI JAWABAN LEMBAR SOAL
Jawaban Soal Benar-Salah
  1. B
  2. S
  3. B
  4. B
  5. S
Jawaban  Soal Menjodohkan
  1. E
  2. B
  3. A 
  4. C
  5. D
Jawaban  Soal Isian Singkat
  1. Internet Explorer
  2. Menu Bar
  3. Modem
  4. RJ 45
  5. Email
Jawaban  Soal Uraian
1. Jaringan komputer : kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan. Keuntungan : Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, dapat memberikan perlindungan terhadap data, Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini. 
2. Komputer, Modem (Modulator Demodulator), Saluran telpon. 
3. A. software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet. B. Percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, C. proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem computer ke sistem komputer yang lainnya.  
4. Cara Buat Email : Membuka browser> masukkan alamat urlnya, www.mail.yahoo.com> KLIK Sign Up> masukkan data identitas diri kamu>KLIK create my account.  
5. Lebih praktis, Lebih cepat, dapat dikirim dimana saja dan kapan saja asalkan terdapat jaringan internet, Lebih murah,  Jangkauan area lalu lintas email sangat luas (lintas negera),  Email memberikan jaminan kerahasiaan dan keamanan yang lebih terjamin dibandingkan surat pos, Email tidak hanya berisi surat (tulisan) namun mampu disisipi (melampirkan) file lain seperti foto, video, musik dll sehingga pesan tidak hanya berupa tulisan.
    Jawaban  Soal Pilihan Ganda (PG)
    1. B
    2. D
    3. E
    4. B
    5. D

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar